Monday 3 September 2012

Polinema Juarai Kontes Robot Cerdas Indonesia 2012


Tinta emas berhasil ditorehkan oleh mahasiswa-mahasiswa Politeknik Negeri Malang khususnya dari Program Studi Teknik Elektronika. Mereka yang tergabung dalam Tim Robot Polinema telah berhasil menjadi juara 1 Kontes Robot Cerdas Indonesia Regional IV yang diselenggarakan di gedung pusat robotika kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya pada tanggal 12 Mei 2012. Mereka  berhasil menjuarai robot cerdas pendeteksi dan pemadam api divisi berkaki. Pada kompetisi ini Tim Robot Polinema menyisihkan 14 tim dari perguruan tinggi lain baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, yang termasuk Universitas besar seperti ITS, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, ITN Malang, Universitas Negeri Surabaya, dan juga Politeknik Terkemuka seperti PENS, Politeknik Negeri Jember, PPNS Surabaya.

Robot Ulil Albab

            Kompetisi yang diselenggarakan oleh DIKTI tersebut sejatinya merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, dan merupakan event yang sangat ditunggu-tunggu khususnya oleh para pecinta robotika. Karena dari setiap tim yang mampu menjuarai kontes ini di setiap regional akan berhak melaju ke babak tingkat Nasional, yang tahun ini akan diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung. Dengan adanya regulasi ini, maka tim robot Polinema otomatis mendapatkan jatah untuk tingkat nasional. Dan pemenang dari tingkat Nasional akan dikirim DIKTI untuk mengikuti Kontes Robot Cerdas tingkat Internasional di Trinity College, Amerika Serikat.
            Para Mahasiswa yang tergabung dalam Tim Robot “Ulil Albab” yang dibimbing oleh 2 Dosen Pembimbing dari program studi Teknik Elektronika, yaitu Sidik Nurcahyo, ST., MT. dan Drs. Agus Pracoyo, MT.  telah melakukan penelitian intensif kurang lebih selama satu tahun di laboratorium  robotika Politeknik Negeri Malang. Tidak jarang juga para anggota tim mengalami kejenuhan, akan tetapi berkat semangat yang terus diberikan oleh kedua dosen pembimbing mereka, pada akhirnya bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal. Karena penelitian tersebut selain bertujuan untuk membuat robot yang diikutkan kompetisi, namun juga sebagai bahan dari tugas akhir mereka. Sehingga mereka menjadi terpacu untuk melakukan penelitian itu sebaik-baiknya.
            Ini baru pertama kalinya Polinema mampu menjadi juara 1, karena ajang KRCI divisi berkaki ini Polinema baru 2 kali mengikuti. Cukup membanggakan, di tahun ke-2 keikutsartaan dalam Kontes Robot Cerdas Indonesia sudah mampu merebut juara 1. Semoga di tahun-tahun berikutnya prestasi ini tetap bisa dipertahankan dan menjadi lebih baik lagi. Salam Robotika Indonesia!!!

No comments:

Post a Comment